Pages

Rabu, 08 Januari 2014

Rangkuman Etika dalam TIK

Etika dalam TIK


Etika dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ada dua, yaitu tertulis dan tidak tertulis. Netiquette adalah singkatan dari Network Etiquette merupakan konvensi dalam berinteraksi sosial melalui jaringan, baik melalui mailling list, forum, maupun blog. Ada beberapa etika dalam menggunakan sosial media, yaitu menerima pertemanan hanya dari orang yang dikenal, tidak mencantumkan informasi pribadi seperti nomor hp atau alamat rumah, tidak mengumbar kehidupan pribadi, tidak menimbulkan suatu perkelahian, tidak terlalu overacting dan overposting dalam menulis, dan tidak berbicara SARA, kata-kata kotor dan pornografi.

Didalam berforum di sosial media pun memiliki aturan, yakni menggunakan bahasa yang sopan, memberikan pertanyaan yang jelas dan mudah dimengerti, menggunakan judul yang sesuai deskriptif.

Peraturan tertulis tentag informasi dan transaksi elektronika diatur dalam UU No.11 Tahun 2008. UU ITE : merupakan cyberlaw di Indonesia, memberikan aturan penggunaan transaksi elektronika dan informasi elektronik, memberika perlindungan hukum hak cipta elektronik, memberikan perlindungan dari berbagai macam cyber crime. Penyusunan UU ITE disusun oleh dua lembaga yaitu Tim UNPAD dan Tim UI. Kedua naskah dari dua tim tersebut digabung dan diserahkan ke DPR sebagai RUU.


0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 ANA. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger